Tahun 2014, Kab. Pasuruan Swasembada Garam

Senin, 6 Mei 2013 16:53:18 - oleh : admin

Tahun 2014, Kab. Pasuruan Swasembada Garam

PASURUAN - Tahun 2014 mendatang, swasembada garam di Kabupaten Pasuruan ditargetkan akan tercapai.

Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasuruan akan terus menggenjot beberapa hal yang berkaitan dengan peningkatan jumlah produksi garam maupun kualitas garam itu sendiri.

Slamet Nurhandoyo, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pasuruan mengatakan, untuk mencapai swasembada garam dua tahun mendatang, pihaknya akan menerapkan teknologi tepat guna dengan metode ulir, pada produksi garam di 3 kecamatan, yakni kecamatan lekok, kraton dan bangil.

Menurutnya, metode ulir merupakan sebuah metode yang dapat menghasilkan jumlah garam menjadi lebih banyak, serta menghasilkan kualitas garam di atas rata-rata.

"Kalau singkatnya, air lebih dulu diendapkan di sebuah tandon, kemudian langsung ditarik dengan pipa. Kami menyebutnya dengan sistem geo membran." ujar Slamet kepada Radio Suara Pasuruan, beberapa waktu lalu.

Dengan sistem geo membran atau yang dikenal juga dengan istilah Teknologi Ulir Filter (TUF), dirinya yakin akan dapat mempercepat proses pembuatan air tua (20-27 derajat Be) dengan cara memperpanjang aliran, serta tetap mempertahankan kebersihan air maupun meja garam.

"Ini adalah bagian dari program PUGAR yang sudah kami lakukan sejak beberapa tahun lalu, di mana tahun ini kita mendapat dana pendampingan langsung dari kementerian kelautan dan perikanan pusat," imbuhnya.

Dana pendampingan yang dimaksud berkisar Rp 738 juta lebih, di mana bantuan tersebut terinci menjadi beberapa program, di antaranya bantuan langsung masyarakat (BLM)

sebesar Rp 400 juta, pengadaan unit pengolah garam sebesar Rp 100 juta, konsultan management sebesar Rp 50 juta, sementara sisanya sekitar Rp 188 juta akan digunakan untuk sosialisasi, pendampingan maupun dana operasional selama program dilaksanakan.

"Yang jelas setiap tahunnya, produksi garam kita selalu naik rata-rata antara 3000-5000 ton per tahunnya, begitu juga dengan luasan tambak garam yang saat ini sudah mencapai 215,11 hektar. Jadi kami sangat optimis, dua tahun lagi kita akan kaya akan garam," ucapnya. (EMIL) (107fm.pasuruankab.go.id)

| More

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...