Pemkab Pasuruan Kuasai Saham PT Pasuruan Migas

Selasa, 23 April 2013 09:14:03 - oleh : admin

Pemkab Pasuruan Kuasai Saham PT Pasuruan Migas

Pasuruan - Penguasaan 51% saham di di PT Pasuruan Migas oleh Pemkab Pasuruan berdasarkan pengalihan saham oleh pihak swasta dan disahkan oleh Menkum HAM pada September 2011.

Pengalihan saham tersebut dalam Undang-undang Perseroan Terbatas Nomor 40 tahun 2007 dibenarkan.

"Disahkan Menkum HAM Nomor HU-43988.AH.01.02 tahun 2011 tentang Persetujuan Anggaran Dasar Perseroan. Menkum HAM menyatakan menyetujui perubahan Anggaran Dasar PT Pasuruan Migas dan menyetujui pengalihan saham yang dimiliki sejumlah pihak swasta ke Pemkab Pasuruan," Tegas Suryono Pane, Legal Corporate Pasuruan Migas, Minggu (21/4).

Saham PT Pasuruan Migas yang dialihkan ke Pemkab Pasuruan adalah saham milik Muhaimin sebesar 615 lembar dan saham Nona Suci Mustikarini sebanyak 150 lembar.

Pengalihan tersebut dilangsungkan pada 9 Juni 2011 dan total saham yang dimiliki Pemkab Pasuruan sebanyak 765 lembar dengan harga setiap lembarnya Rp1 juta.

"Meski menguasai saham mayoritas, deviden tidak dapat diberikan begitu saja untuk menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Pasuruan. Sebab, pembagian deviden harus dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Mei nanti," imbuh Suryono Pane.

Penegasan terkait kepemilikan saham Pemkab Pasuruan di PT Pasuruan Migas tersebut disampaikan lantaran sebelumnya diprotes kalangan LSM. Keberadaan PT Pasuruan Migas dipertanyakan karena tidak mendatangkan PAD.

Sementara Syamsul Arifin, Direktur Umum PT Pasuruan Migas, menyampaikan pengoperasian serta proses jual-beli gas perseroan yang dipimpinnya tersebut baru Maret 2012 lalu. Hal itu melewati sejumlah proses administrasi serta berbagai perjanjian dengan penjual dan pembeli.

"Jatah gas diterima Kabupaten Pasuruan berdasarkan alokasi BP Migas sebesar 3 MMBBTUD. Namun kami harus menandatangi perjanjian jual beli gas (PJBG) dengan perusahaan eksplorasinya, PT Santos. Begitu pula untuk penjualan harus tanda tangan perjanjian dengan Indonesia Power (IP) selaku pembeli," terang Syamsul Arifin.

Sebelum dilakukan pengoperasian, sejumlah biaya dikeluarkan oleh pihak swasta, yakni PT Cui Wong yang nilainya mencapai miliaran rupiah.

Bahkan sebelum dilakukan PJBG, PT Pasuruan Migas harus menempatkan dana di bank sebagai jaminan (bank garansi) sebesar Rp15 miliar. (Abdus Syukur) (Metrotvnews.com)

 

| More

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...