Siswa AAL Ikuti Upacara Pembaretan di Pasir Panjang Grati

Selasa, 5 Maret 2013 07:22:43 - oleh : admin

Siswa AAL Ikuti Upacara Pembaretan di Pasir Panjang Grati

Pasuruan - Sebanyak 23 siswa Kadet AAL (Akademi TNI Angkatan Laut) angkatan ke 59 dan 175 siswa Dikmata (Pendidikan Pertama Tamtama) angkatan ke 32 Korp Marinir mengikuti upacara pembaretan di pantai Pasir Panjang Grati, Kabupaten Pasuruan, Senin (4/3/2013).

"Pembaretan ini merupakan salah satu tradisi Korps Marinir yang dilaksanakan bagi para siswa yang telah menyelesaikan rangkaian kegiatan proses pembentukan karakter prajurit marinir melalui tahapan pendidikan, latihan pembinaan dan penanaman nilai-nilai luhur Korp Marinir," ujar Brigjen TNI (Mar) Siswoyo Hari Santoso, Komandan Pasmar-1.

Menurut Siswoyo, setelah pemakaian baret ungu ini, otomatis para siswa telah resmi pula diterima di jajaran Korp Marinir. "Upacara pembaretan ini memiliki nilai historis yang harus selalu dijunjung tinggi. Yaitu semangat kejuangan, kehormatan dan pantang menyerah untuk mendapatkan baret," jelasnya.

Untuk mendapatkan baret ungu tersebut, para siswa harus mampu melalui kawah candra dimuka Korp Marinir. "Diantaranya melalui pendidikan komando untuk menjadi prajurit marinir yang berani, tangguh dan pantang menyerah," tandas Komandan Pasmar-1 tersebut.

Siswoyo menegaskan, baret ungu yang telah dikenakan para siswa ini, bukan semata-mata hanya sebagai simbol belaka. "Akan tetapi merupakan lambang perwujudan, penghormatan dan kebanggaan Korp Marinir. Di samping itu juga mempunyai makna yang besar sebagai hasil perjuangan dan pengabdian para pendahulu," katanya.

Korp Marinir, lanjut Komandan Pasmar-1 ini, dibangun dan dibesarkan oleh para pendahulu dengan cucuran keringat dan darah dan bahkan nyawa taruhannya. "Untuk itu kalian (para prajurit) dituntut mampu terus membina dan meningkatkan profesionalisme prajurit dengan memiliki kepribadian tangguh dan bermoral tinggi sesuai jati diri prajurit Marinir," pungkas Siswoyo.[bec/ted] (beritajatim.com)

 

| More

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...