3 Sekolah di Pasuruan Ikuti LSS Jatim

Rabu, 31 Oktober 2012 10:02:38 - oleh : admin

3 Sekolah di Pasuruan Ikuti LSS Jatim

PASURUAN - Beberapa sekolah di Kota Pasuruan senin (29/10) tengah dikunjungi Tim Penilai Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LSS) Propinsi Jatim.

Total terdapat tiga sekolah yang akan didatangi, di antaranya SDN Kebonagung, SMPK Sang Timur, dan SMKN 1 Pasuruan.

Susanto, Ketua Tim Juri saat melakukan penilaian di SDN Kebonagung mengatakan, penilaian lingkungan sekolah sehat terbagi menjadi dua tahapan, yakni dari sisi administrasi serta fisik sekolah itu sendiri.

Menurut Susanto, untuk administrasi sendiri, setiap sekolah harus dapat mengkolaborasikan antara kegiatan sekolah dengan kebijakan dari pemerintah setempat, seperti dukungan dari pemda dalam hal anggaran, sampai kegiatan di radius 500 meter dari masing-masing sekolah semisal kegiatan PKK, Kelurahan, hingga kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat di sekitar sekolah.

"Untuk penilaian administrasi sendiri akan menyumbang poin sebesar 30% dari total penilaian lingkungans ekolah sehat," ujar Susanto sesaat setelah berkeliling melihat-lihat setiap ruangan yang berada di sekolah tersebut.

Sementara itu, fisik sekolah menurut Susanto menjadi prioritas penilaian LSS yang digelar setiap tahunnya, di mana menyumbang sebanyak 70% dari total penilaian LSS.

Kata dia, fisik sekolah, seperti kebersihan toilet, kelengkapan peralatan, sarana dan prasarana di dalam ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Pengelolaan sampah, ketersediaan ventilasi di masing-masing ruangan, hingga antusias para siswa dalam menyambut tim juri adalah beberapa faktor yang dinilai dalam LSS.

"Kalau semua kriteria dimiliki oleh sekolah, maka kami akan langsung dapat menebak siapa pemenang yang nantinya akan mewakili Jatim, di event LSS tingkat nasional," kata pria yang mengawali profesinya sebagai penyiar radio tersebut.

Sementara itu, Chandra Kurnia, Kepala SDN Kebonagung mengaku optimis, sekolah yang dipimpinnya itu akan menjadi pemenang dalam LSS tahun ini.

"Kami optimis akan menjadi satu dari tujuh sekolah yang akan dikirim tingkat nasional beberapa bulan ke depan," akunya kepada Radio Suara Pasuruan. (EMIL) (107fm.pasuruankab.go.id)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...