Ratusan Pelajar MAN Kota Pasuruan Ikuti Manasik Haji

Senin, 29 Oktober 2012 11:24:45 - oleh : admin

Ratusan Pelajar MAN Kota Pasuruan Ikuti Manasik Haji

PASURUAN - Teori dan praktek adalah dua hal yang saling berhubungan satu sama lain. Begitu juga dengan pengetahuan seputar ibadah haji, di mana untuk memberikan pengetahuan yang mendalam, MAN Kota Pasuruan kamis, (25/10) mengajak 700 lebih siswanya untuk melakukan manasik haji, layaknya jamaah yang saat ini tengah berada di Tanah Suci Makkah.

Ratusan pelajar mulai kelas X hingga XII di sekolah tersebut melaksanakan semua rukun haji, baik mulai dari Miqot (pemberangkatan), hingga Tahallul atau menggunting rambut sebanyak 3 helai.

Masfufah, Ketua Panitia manasik haji siswa mengatakan, sebelum manasik dilakukan, pihaknya telah mempersiapkan materi, mulai dari bacaan yang akan diucapkan selama manasik, hingga pakaian ihrom yang harus dikenakan oleh seluruh siswa.

"Khusus untuk pakaian ihrom, kita mengharuskan siswa untuk memiliki semuanya. Akan tetapi untuk bacaan, sudah dipersiapkan dari sekolah," ujar Masfufa sesaat setelah selesai manasik.

Sementara itu, manasik haji yang berlangsung di halaman Mapolresta Pasuruan merupakan bagian dari tradisi dan budaya MAN kota Pasuruan, untuk bisa mengenalkan betapa pentingnya haji bagi umat muslim mampu secara finansial.

Kata Masfufah, pelaksanaan manasik haji sudah memasuki tahun kedua, di mana bukan hanya teori yang diberikan kepada siswa, melainkan mengajak untuk benar-benar menjalankan ibadah haji, sekalipun hanya sebuah manasik.

"Teori memang penting, tapi akan semakin lengkap kalau dibarengid engan prektek," imbuhnya. (emil) (107fm.pasuruankab.go.id)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...