3 Pelajar SMKN 1 Pasuruan Juarai Lomba Gekos

Kamis, 18 Oktober 2012 17:14:59 - oleh : admin

3 Pelajar SMKN 1 Pasuruan Juarai Lomba Gekos

PASURUAN - 3 pelajar SMKN 1 Kota Pasuruan menorehkan prestasi gemilang, dengan menjadi pemenang dalam Lomba Gelar Kompetensi Koperasi Siswa (GEKOS), yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM, di Grand Hotel Lembang Bandung, 24-28 September lalu.

Ketiga siswa-siswi tersebut adalah Fardyansyah Candra, siswa kelas XII AK 1, Aisyah, siswi kelas XII AK 3, serta Dina Irnanda, siswi kelas XI AKP 2.

Dalam perlombaan tersebut, ketiganya berhasil menyingkirkan 30 peserta lain, yang berasal dari seluruh propinsi di Indonesia.

Jelas, mereka sangat bangga dengan keberhasilan yang sangat tidak terlupakan itu.

Bagi ketiganya, raihan prestasi tahun ini merupakan kerja keras dari seluruh teman-temannya, guru pembina, dan kepala sekolah yang selama ini selalu mendukung program yang ada di dalam koperasi siswa di sekolah tersebut.

Menurut Candra, untuk bisa sampai menjadi juara pertama dalam event berkelas nasional itu, baik dia dan kedua temannya banting tulang mempersiapkan materi yang nantinya akan dipresentasikan di depan dewan juri.

"Banyak persiapan yang kami kerjakan dengan penuh perjuangan mas. Bahkan beberapa kali kita harus membongkar bagian isi materi yang akan kami presentasikan," ujar Candra kepada Radio Suara Pasuruan.

Sebelum mewakili Propinsi Jatim, ketiganya terlebih dulu harus bersaing dengan puluhan sekolah di Jatim dalam hal pengiriman makalah bertemakan koperasi siswa, termasuk dengan empat sekolah yang masuk lima besar Jatim, di antaranya SMK 2 Buduran, SMK 8 Surabaya, SMK 1 Madiun, serta SMA 2 Madiun.

Dalam makalah tersebut, ketiganya dengan dibantu guru pembina mengirimkan makalah dengan judul "Aku dan Koperasiku".

Makalah tersebut berisi sejarah koperasi siswa, laporan pertangggung jawaban keuangan, administrasi, struktur organisasi, hinga pengembangan koperasi siswa menjadi usaha masyarakat.

Setelah ditunggu beberapa waktu, ternyata karya mereka membuahkan hasil, hingga dipercaya untuk mewakili Jatim, ke event yang lebih tinggi.

"Alhamdulillah, karya kami benar-benar diapresiasi oleh panitia seleksi tingkat Jatim," imbuh Dina yang masih duduk di bangku satu tingkat di bawah Aisyah dan Candra itu.

Setelah terpilih menjadi wakil Jatim, ketiganya langsung diberangkatkan ke Bandung, untuk mengikuti puncak perlombaan yang sangat mereka tunggu-tunggu.

Akan tetapi, bukannya langsung bertanding, ternyata panitia pelaksana memutuskan merubah sistem presentasi, di mana sebelumnya peserta diberikan waktu 30 menit untuk satu presentasi, akan tetapi ternyata panitia merubahnya hingga menyisakan kesempatan bagi peserta selama 10 menit.

"Kami kaget pas mendengar keputusan panitia. Mau gimana lagi, ya akhirnya slide makalah kita yang tadinya ada 27 slide, jadi kami potong sampai menjadi 8 slide saja," tutur Aisyah yang masih ingat betul perjuangan membuat slide makalah baru hanya dalam waktu semalam.

Sekalipun dadakan, akan tetapi karya mereka tetap menjadi jawara dalam gelaran bergengsi antar sekolah se-Indonesia itu.

Menurut ketiganya, point yang menentukan kemenangan SMKN 1 Kota Pasuruan terletak pada berbagai macam kegiatan yang ada di koperasi siswa sekolah, khususnya usaha yang berhubungan langsung dengan masyarakat luar sekolah.

"Kami memiliki beberapa usaha koperasi, di antaranya fotocopy, penjilidan, makanan minuman, sampai usaha jual beli alat rumah tangga dan pertukangan," tegas Aisyah sembari menunjukkan usaha koperasi yang sudah dimulais ejak 1986 itu.

Sementara itu, Achmad Sarkawi, Kepala SMKN 1 Kota Pasuruan mengaku sangat bangga dengan apa yang sudah diraih anak didiknya tersebut.

Menurutnya, pihak sekolah dan Dinas Pendidikan akan segera memberikan reward, berupa uang pembinaan yang besarannya akan ditentukan nanti.

"Yang jelas, uang sebesar Rp 15 juta pasti mereka terima karena telah menjadi juara. Soal nilai, mereka pasti mendapatkan nilai yang tinggi dio kelasnya, karena mereka juga murid yang pintar," kata pria yang baru beberapa bulan memimpin sekolah tersebut. (EMIL) (107fm.pasuruankab.go.id)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...