MOS, Siswa Baru di SMKN 1 Bangil Digundul

Kamis, 19 Juli 2012 23:37:35 - oleh : admin

MOS, Siswa Baru di SMKN 1 Bangil Digundul

Pasuruan - Ratusan siswa baru SMKN 1 Bangil di Kabupaten Pasuruan mengalami penggundulan, saat menjalani masa orientasi siswa (MOS), Kamis (12/7/2012). Tak hanya itu, para siswa juga diwajibkan untuk menjalani ritual mandi kembang, agar suci lahir dan batin.

Pantauan beritajatim.com di lokasi, para siswa pun harus antre, guna merapikan rambut mereka yang tampak panjang. Sebanyak 6 tukang potong rambut pun, harus melakukan penggundulan rambut para siswa baru SMKN 1 Bangil dengan ekstra cepat. Diperkirakan, hanya butuh waktu sekitar 5 menit untuk melakukannya.

"Penggundulan ini literasinya tahallul ya. Ada selamatan dan tahallul secara bersama-sama. Bahasa budayanya itu, diruwat anak-anak ini. Diruwat itu adalah, jadi angkoro murko atau kejelekan-kejelekan yang dulu dari SD dan SMP, kita bersihkan disini," kata M Arifin, Ketua MOS SMKN 1 Bangil.

Para siswa baru SMKN 1 Bangil ini pun mengaku senang, dengan adanya MOS model seperti ini. "Rasanya di kepala itu sangat beda dan fresh. Apalagi, melihat teman-teman semuanya sama-sama gundul. Saya sangat senang, apalagi orang tua di rumah," ungkap Muhammad Sarwani, salah seorang siswa peserta MOS.

Sementara itu Kepala SMKN 1 Bangil A Yusuf mengatakan, penggundulan atau tahallul ini adalah sebagai simbol bagi siswa, bahwa mereka telah rampung mengikuti MOS. "Ini sifatnya hanya merapikan. Dan nantinya akan menjadi bagian dari ketertiban. Nampaknya, anak-anak juga senang ya," katanya. [bec/but] (beritajatim.com)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...