Liburan Sekolah, Siswa SDN Nguling I Main Bowling

Kamis, 19 Juli 2012 23:36:18 - oleh : admin

Liburan Sekolah, Siswa SDN Nguling I Main Bowling

Pasuruan - Liburan sekolah, sejumlah siswa SDN Nguling 1 menggelar permainan bowling. Uniknya, bola bowling yang mereka gunakan dalam permainan ini terbuat dari tanah dan pasir. Mereka memilih mengisi liburan sekolah dengan permainan 'bowling' lantaran tidak memakan biaya besar.

Bagi para bocah asal Desa Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, permainan bowling pasir adalah merupakan bagian dari tradisi. Biasanya, bocah-bocah itu melakukan permainan yang mereka sebut sebagai 'ndok-ndokan' tersebut, di sebuah sungai atau empang di pesisir pantai yang yang dari rumah.

Sebelum memainkan bowling, bocah-bocah lebih dahulu membuat bola. Yaitu, mereka membuat bola dari tanah dengan ukuran sesuai keinginan masing-masing. Agar lebih kuat, bola bowling perlu dilapisi dengan pasir yang dipoles dengan air. Selanjutnya, mereka kemudian menggali tanah sebagai arena bowling.

Cara permainannya, hampir sama seperti bowling pada umumnya. Bedanya, sasaran yang dilempar adalah bola bowling milik lawan. Bagi bola bowling yang hancur, maka mereka pun dinyatakan kalah. Sementara juaranya, adalah pemain yang bola bowlingnya masih utuh. Sebelumnya, para peserta mengangkat tangan sebagai simbol sportifitas.

Meskipun permainan ini terlihat masih sangat tradisional, namun mereka mengaku sangat senang dan menikmatinya. Selain tak mengeluarkan biaya yang besar, permainan bowling pasir itu juga untuk menjaga tradisi dan kearifan lokal. "Ya senang, mas. Kan mainnya gratis" ujar Dimas, pemain bowling, Selasa (3/7/2012).

Permainan bowling dari bola pasir tersebut tak ada salahnya, jika kemudian dikembangkan menjadi salah satu potensi wisata daerah. Namun demikian, hal ini perlu mendapatkan support dari berbagai kalangan atau pemangku kebijakan. "Benar-benar asyik, permainan ini. Yang menang bolanya masih utuh," ujar Bagas, pemain bowling lain.[bec/ted] (beritajatim.com)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...