Calon Siswa SMKN 1 Kota Pasuruan Bebas Tindik dan Tato

Jum`at, 29 Juni 2012 10:08:40 - oleh : admin

Calon Siswa SMKN 1 Kota Pasuruan Bebas Tindik dan Tato

PASURUAN - Selain berpedoman pada hasil ujian nasional, seleksi penerimaan siswa baru tingkat SMK di Kota Pasuruan, Jawa Timur, juga mempertimbangkan tes fisik/kesehatan. Pada tes ini dipastikan bahwa calon siswa bebas tindik dan tato.

Pengecekan bebas tindik dan tato ini dilakukan panitia terhadap setiap siswa pada tahap awal. Para siswa diteliti pada bagian telinga, lidah dan anggota badan (punggung) untuk memastikan tidak ada tindik dan tato.

Ketua Panitia penerimaan siswa SMKN 2 Kota Pasuruan Edi Akhmari mengungkap, bebas tindik dan tato ini merupakan syarat penunjang selain prestasi akademik. Selain mendasarkan pada hasil nilai ujian nasional dan tes kesehatan, syarat bebas tindik dan tato merupakan upaya menghasilkan lulusan yang berperilaku santun.

"Dunia usaha dan industri (dudi) tidak menghendaki calon karyawannya memiliki tindik dan tato. Karena itu, kami menginginkan lulusan SMk tidak terhambat pada persoalan seperti itu," kata Edi Akhmari, Kamis (28/6/2012).

Meski telah dilakukan pemeriksaan fisik, lanjut Edi, tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan. Hal ini terjadi pada penerimaan siswa pada tahun sebelumnya yang ternyata luput dari pengamatan. Belakangan ditemukan ada tiga siswa bertato dan enam siswa bertindik.

"Kami telah meminta kepada yang bersangkutan untuk menghapus tato dan tindik tersebut. Kami tidak ingin hal ini akan menjadi persoalan yang justru merugikan para siswa," kata Edi.

Pada 2012 ini, SMKN 2 akan menerima 468 siswa baru dengan 13 rombongan belajar (rombel). Mereka akan dibagi dalam lima jurusan yakni teknik otomotif, permesinan, pendingin dan tata udara, ototronika dan elektro industri.

Yogi Setiawan, seorang calon siswa SMKN 2 mengaku cukup senang dengan tes fisik menyangkut bebas tindik dan tato. Dia juga tidak mempersoalkan saat sebagian rambutnya terpaksa dipangkas untuk memenuhi ketertiban tersebut.(Arie Yoenianto/Koran SI/rfa) (okezone.com)

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...