Dispendik Targetkan Semua Sekolah Di Kab. Pasuruan Menjadi Sekolah Adiwiyata

Sabtu, 9 Juni 2012 10:30:29 - oleh : admin

Dispendik Targetkan Semua Sekolah Di Kab. Pasuruan Menjadi Sekolah Adiwiyata

PASURUAN - Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan menargetkan akan banyak sekolah-sekolah adiwiyata di tahun depan.

Perlunya memperbanyak sekolah yang berbudaya lingkungan, karena sekolah adalah agen perubahan bagi seorang pelajar, terutama perilaku siswa terhadap lingkungan sekitar.

Hasbullah, Kabid Sekolah Lanjutan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan mengatakan, dengan semakin menjamurnya sekolah adiwiyata, otomatis sekolah tidak akan mengalami kesulitan untuk mengajak siswanya mencintai lingkungan.

"Banyak sekolah yang angkat tangan, menyikapi siswanya yang sepertinya acuh pada lingkungan. Padahal lingkungan adalah bagian terdekat daripada kita," ujar pria tiga orang anak itu.

Selama ini, hanya ada enam sekolah adiwiyata nasional di kabupaten pasuruan, seperti SDN 1 Nongkojajar, SMPN 1 Gondangwetan, SMPN 2 Pandaan, SMPN 2 Gondangwetan, SMAN 1 Gondangwetan, dan SMAN 1 Grati yang sudah meraih predikat sebagais ekolah adiwiyata mandiri.

Sementara, saat ini pihaknya telah menyurati belasan sekolah, dengan harapan bisa mengikuti keberhasilan yang sudah diraih oleh enam sekolah tersebut.

Sekolah-sekolah tersebut di antaranya SMPN 2 Pndaan, SMPN 2 Purwosari, SMPN 3 Purwodadi, SMPN 1 Grati, SMPN 1 Wonorejo, SMPN 1 Pasrepan, SMPN 1 Grati, SMPN 1 Pohjentrek, SMPN 2 Grati, SMPN 2 Prigen, SMPN 1 Prigen, SMAN 1 Pandaan, SMAN 1 Bangil, SMKN 1 Purwosari, SMAN 1 Purwosari, dan SMKN 1 Grati.

Untuk mendukung upaya sekolah menuju adiwiyata, dispendik menganggarkan masing-masing Rp 20 juta, untuk setiap sekolah di Kabupaten Pasuruan.

"Kalau tahun ini kita mengalokasikan Rp 500 juta untuk 25 sekolah di kabupaten pasuruan. Tapi tahun depan, kami perkirakan akan semakin banyak," pungkas Hasbullah saat ditemui di kantornya pagi tadi (Jum'at, 08 Juni 2012).

Besaran anggaran itu menurut Hasbullah diambil dari APBD 2012, dan diperuntukkan untuk program sekolah adiwiyata.

Sekalipun hanya enam sekolah yang berhasil meraih predikat adiwiyata nasional, akan tetapi dispendik optimis, beberapa tahun ke depan, seluruh sekolah di kabupaten pasuruan akan menjadi sekolah adiwiyata.

"Kalau tahun berapa kita tidak tahu, karena kepitusan ada di tangan kementerian lingkungan hidup. Yang penting kita berupaya sekuat tenaga untuk mewujudkannya," tandas Hasbullah. (EMIL) (suarapasuruan.com)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...