SDN Kebonagung Siap Raih Predikat Sekolah Adiwiyata

Selasa, 22 Mei 2012 01:16:29 - oleh : admin

SDN Kebonagung Siap Raih Predikat Sekolah Adiwiyata

PASURUAN - Jelang penilaian, SDN Kebonagung semakin percaya diri untuk meraih predikat baru sebagai "Sekolah Adiwiyata". Ini terlihat dari kesibukan sekolah yang terletak di Jalan Panglima Sudirman, Kota Pasuruan hari ini (Senin, 21 Mei 2012).

Seluruh penghuni sekolah, baik siswa, guru, karyawan hingga kepala sekolah tampak berbaur dan bersemangat, untuk menyambut kedatangan Tim Penilai Adiwiyata Pusat, yang rencananya akan berkunjung besok (Selasa, 22 Mei 2012).

Kurnia Tjandrawati, Kepala SDN Kebonagung mengatakan, setelah dinyatakan lolos tingkat Propinsi beberapa waktu lalu, pihaknya merasa yakin dan percaya, predikat sekolah adiwiyata akan dipegang oleh SDN Kebonagung dalam waktu dekat.

"Kami optimis, kiami akan meraih gelar baru sebagai sekolah adiwiyata tahun ini," ujar Kurnia saat bersama guru-guru membenahi beberapa kekurangan yang ada dalam sekolah tersebut.

Untuk mendukung sekaligus melengkapi berkas penilaian, SDN Kebonagung telah menyiapkan beberapa agenda penting, seperti Sapta Berseri (Bersih, Sejuk, Rindang), di mana setiap sabtu, seluruh penghuni sekolah, diwajibkan untuk membersihkan setiap ruangan yang ada di sekolah, tanpa terkecuali di bagian sudut sekolah, yang jarang terlihat.

"Hari sabtu adalah momen yang tepat untuk kembali mengingatkan siswa, betapa pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan, minimal di sekolah," pungkas putri pengarang lagu Mutiara Yang hilang itu.

Selain itu, menurt Kurnia, setiap sabtu, seluruh penghuni sekolah dilarang membawa kendaraan bermotor masuk ke sekolah, dengan maksud membudayakan bersih lingkungan, sekaligus mengurangi polusi yang kian hari semakin tebal, khususnya polusi udara.

"Kita tahu kalau polusi udara dominan diakibatkan dari asap kendaraan bermotor, ditambah jumlah kendaraan bermotor yang semakin lama semakin banyak," katanya.

Satu hal lagi yang disiapkan oleh sekolah yang sudah mencetak banyak orang sukses di Kota Pasuruan itu adalah pengelolaan sampah, terutama pembedaan antara sampah organik dan anorganik.

Kata Kurnia, sejak beberapa bulan lalu, dirinya sudah mengingatkan kepada siswa khususnya, untuk bisa membuang sampah berdasarkan kategorinya.

"Kami sudah menyiapkan komposternya. Jadi yang harus dilakukan siswa hanya membuang sampah pada tempatnya," tandasnya. (EMIL) (suarapasuruan.com)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...