25.783 Siswa SD Kabupaten Pasuruan Siap Hadapi UNAS

Jum`at, 4 Mei 2012 17:36:37 - oleh : admin

25.783 Siswa SD Kabupaten Pasuruan Siap Hadapi UNAS

PASURUAN - Sebanyak 25.783 siswa SD maupun MI Negeri/swasta se-Kabupaten Pasuruan senin besok (07 Mei 2012) akan menghadapi Ujian Nasional. Dari jumlah tersebut, 20.228 siswa berasal dari sekolah dasar negeri. Sedangkan untuk SDC swasta, ada 1180 siswa. Sementara di kalangan MI, ada 104 siswa yang berasal dari MI Negeri, dan 1180 pelajar dari MI swasta.

Puluhan ribu siswa tersebut akan menghadapi ujian selama tiga hari, terhitung 07-09 Mei 2012, dengan tiga mata pelajaran yang harus mereka taklukkan, di antaranya Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Heri Purnomo, Kabid TK/SD di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan mengatakan, naskah soal ujian nasional saat ini sudah berada di gudang Mapolres Pasuruan, dan dijaga ketat anggota kepolisian, serta diawasi oleh Dinas Pendidikan dan perwakilan dari perguruan tinggi di Pasuruan.

Baik naskah untuk ujian nasional maupun susulan menurut Heri, seluruhnya sudah tiba di Pasuruan sejak 02 Mei lalu, dan langsung diamankan, dengan menggunakan tiga gembok sekaligus.

"Tidak mungkin bocor, karena tiga gembok dibawa oleh orang yang tidak sama. Satu dibawa polisi, satunya oleh perguruan tinggi, yang terakhir dibawa oleh dinas pendidikan," ujar Heri saat memeriksa data jumlah siswa yang mengikuti ujian tahun ini.

Keseluruhan soal merupakan hasil dari perumusan seluruh guru mata pelajaran se-Jatim, di mana menurut Heri, 75 % merupakan akumulatif soal dari pusat, sementara sisanya yakni 25 % merupakan soal dari propinsi Jatim.

"Di Kabupaten Pasuruan, ada tiga guru mata pelajaran yang kami kirim untuk menjadi tim perumus soal di Surabaya," katanya.

Soal yang akan dibagikan menurut Heri sangatlah beragam, baik dari tingkat kesulitan maupun materi yang akan diujikan.

"Yang jelas sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Biasanya di awal-awal, pasti mudah. dan diakhir pasti tingkat kesulitannya jauh lebih tinggi," pungkasnya.

Oleh karenanya, dirinya menghimbau kepada para siswa untuk tekun belajar, dan mengurangi jam bermain di luar rumah.

"Ujian hanya berlangsung tiga hari. Alangkah baiknya kalau diisi dengan belajar maupun kursus, pasti hasilnya akan jauh lebih bagus," harap pria berkacamata itu. (EMIL) (suarapasuruan.com)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...