4 Sekolah di Pasuruan Berpeluang Raih Predikat Sekolah Adiwiyata

Senin, 23 April 2012 16:06:32 - oleh : admin

4 Sekolah di Pasuruan Berpeluang Raih Predikat Sekolah Adiwiyata

PASURUAN - Sekolah-sekolah di Kabupaten Pasuruan yang berpredikat "Sekolah Adiwiyata" sepertinya akan bertambah banyak.

Hal itu seiring dengan keberhasilan 4 sekolah, di antaranya SDN 1 Nongkojajar, SMPN 1 Gondanwetan, SMPN 1 Pandaan, dan SMAN 1 Gondangwetan yang lolos uji verifikasi maupun penilaian dari Tim Adiwiyata Jatim beberapa waktu lalu.

Langkah keempat sekolah tersebut tinggal satu kali saja, di mana pada Mei mendatang, Tim Penilai Adiwiyata Nasional akan berkunjung ke sekolah-sekolah tersebut, guna melihat sejauh mana kesiapan sekolah, untuk menerima gelar Sekolah berbasis lingkungan.

Hasbullah, Kabid Sekolah Lanjutan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan mengatakan, keempat sekolah seperti yang disebutkan di atas berhasil mengungguli empat sekolah lain, seperti SMAN 1 Bangil, SMKN 1 Purwosari, SMPN 2 Pandaan, dan SMAN 1 Pandaan, terutama kelengkapan persyaratan, di antaranya:

1. Kurikulum berbasis lingkungan.

2. Sarana dan prasarana.

3. Partisipasi siswa dan sekolah.

4. Kebijakan.

Gagalnya sekolah-sekolah yang sempat diusulkan, lebih banyak pada sekolah yang hanya terpatok pada usaha mempercantik fisik sekolah, akan tetapi melupakan kurikulum, baik RPP, Silabus maupun pengajaran yang harus dibubuhi tentang lingkungan.

"Partisipasi itu sangat penting, ditambah dengan kelengkapan kurikulum sekolah itu sendiri," ujar Pria asal Kecamatan Nguling itu.

Perjuangan sekolah-sekolah yang akan didatangi tim penilai adiwiyata pusat patut diapresiasi.

SMPN 1 Gondangwetan misalnya. Sekolah menengah pertama yang lokasinya berdekatan dengan Pasar Ranggeh itu sangat siap untuk mempresentasikan keempat persyaratan penting di atas.

Tanti Rahayu, Kepala SMPN 1 Gondangwetan mengatakan, pihaknya telah berupaya keras menjadikan sekolahnya sebagai sekolah adiwiyata, dengan berbagai program, salah satunya adalah Jumat Berlian (Bersih Lingkungan)

Menurutnya, program tersebut lebih menekankan kepada upaya mengingatkan siswa untuk lebih mencintai lingkungan, terutama kebersihan di kelas, taman, sampai toilet sekolah.

Pada hari itu, seluruh siswa diwajibkan untuk membuat sekolah terlihat cantik dan indah dengan cara piket sekolah, kerja bhakti membersihkan sekolah, maupun berperilaku cinta terhadap lingkungan.

"Yang paling penting adalah membudayakan siswa untuk cinta dan sayang pada alam sekitar," ujar Tanti saat ditemui di sekolahnya pagi tadi (Jum'at, 20 April 2012).

Lebih luas lagi, perempuan yang ke mana-mana berkerudung itu berharap, agar budaya siswa untuk cinta lingkungan, bisa menular pada keluarga, teman, sampai masyarakat di sekitar lingkungan rumah siswa.

"Lebih berbangga lagi, kalau saya melihat mereka lulus dari sini dengan membawa nama baik sekolah kami, amin," harapnya.

Seperti diketahui, di Kabupaten Pasuruan sendiri, sudah ada 2 sekolah yang berpredikat sekolah adiwiyata, yakni SMPN 2 Gondangwetan dan SMAN 1 Grati. (EMIL) (suarapasuruan.com)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...