Peserta Un Tak Lulus, Tidak Ada Ujian Ulang

Senin, 9 April 2012 14:59:32 - oleh : admin

Peserta Un Tak Lulus, Tidak Ada Ujian Ulang

Kabar yang terbaru bagi peserta Ujian Nasional (UN) tahun ini tidak ada ujian ulang (remidial) bagi siswa yang tidak lulus ujian nasional (UN) . sehingga para siswa yang nantinya tidak lulus harus mengulang pada tahun berikutnya.

Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Mungin Eddy Wibowo, mengatakan adanya aturan baru ini dimaksudkan sebagai pembelajaran bagi mereka yang tidak bisa mencapai kompetensi tertentu. Pihaknya pun tak khawatir jika hal ini bisa mempengaruhi tingkat kelulusan.

"Soal tingkat kelulusan saya kira itu tergantung pada peserta didik sendiri apakah dia cukup baik atau tidak mengikuti pembelajaran," ujarnya,

Tak hanya itu, menurutnya kelulusan juga dipengaruhi bagaimana sistem pembelajaran yang baik di sekolah oleh guru. "Kalau hal-hal tersebut sudah dipenuhi, kenapa harus ada ujian ulang," ucapnya.

Bagi siswa yang nanti tidak lulus, kata Mungin, diperbolehkan mengikuti jalur pendidikan non formal. "Jadi mungkin siswa akan mengikuti ujian nasional lewat paket B atau C," ujarnya.

Jika peserta didik telah mengikuti ujian nasional di jalur non formal, maka. tidak bisa lagi mengikuti ujian nasional di jalur. formal. Hal ini lantaran siswa sudah mendapat ijazah dari paket B atau C yang sudah setara dengan ijazah dari jalur formal. Mungin menyebut, meski ujian ulang ditiadakan, namun ujian susulan masih tetap ada. Bagi peserta didik yang tidak bisa mengikuti ujian nasional karena sesuatu hal, misalnya sakit, maka masih berhak mengikuti ujian susulan seminggu setelah ujian nasional. (sob) (wartapasuruan.com)

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...