1129 Guru Kabupaten Pasuruan Lolos UKA

Jum`at, 30 Maret 2012 19:09:41 - oleh : admin

1129 Guru Kabupaten Pasuruan Lolos UKA

PASURUAN - Sebanyak 1129 guru se-Kabupaten Pasuruan boleh bernapas lega, lantaran mereka telah dinyatakan lolos babak awal, dalam uji kompetensi (UK) guru tahun 2012 ini.

Uji Kompetensi Awal merupakan pra syarat utama yang harus dilalui oleh 1219 guru, mulai dari TK sampai SMA, dan sudah dilaksanakan pada 25 Pebruari lalu. Sebagai hasilnya, hanya 90 orang guru yang dinyatakan tidak lolos, dan harus mengulang di tahun berikutnya.

Sembilan puluh orang yang tidak lolos itu, terdiri atas 75 orang guru yang tidak dapat memenuhi nilai minimal alias memiliki nilai kurang, sementara 15 orang adalah mereka yang tidak hadir dalam ujian, sehingga masuk dalam kategori tidak lolos.

Dari jumlah guru yang tidak lolos kebanyakan dari guru SD, yakni sebanyak 66 orang, sedangkan sisanya dari guru TK sebanyak 4 orang, guru SMP sebanyak 13 orang, guru SMA sebanyak 3, serta guru SMK sebanyak 4 orang. Untuk 15 orang yang tidak hadir, terdiri dari 9 orang guru TK, 5 orang guru SD, 1 orang guru SMP, 2 orang guru SMA, dan 3 orang guru SMK.

Sementara untuk total jumlah guru yang lolos babak awal, terdiri dari 222 guru TK, 546 guru SD, 191 guru SMP, 5 orang guru SLB, 40 orang guru SMA, dan 125 guru SMK.

Keseluruhan guru yang lolos babak awal sudah berhasil memenuhi standart minimum penilaian, terutama dalam 4 jenis ujian kompetensi, di antaranya:

1. Uji akademis.

2. Pedagogik.

3. Ujian sosial.

4. Kepribadian.

Drs Sumantri M.Pd, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan mengatakan, setelah semua guru dinyatakan lolos babak awal, secara otomatis mereka harus mengikuti babak selanjutnya, yakni Pendidikan Latihan dan Profesi Guru (PLPG) selama 9 hari.

Dalam ujian tersebut, setiap guru kembali akan diuji, baik ujian tertulis sampai psycho test. Barulah setelah dinyatakan lolos, mereka akan mendapatkan sertifikat guru profesional serta Nomor Registrasi Guru (NRG), sampai Surat Keputusan tunjangan profesi guru.

"Ketika turun surat keputusan TP, maka akan dimintakan tunjangan sebesar 1 X gaji, baik guru negeri maupun swasta," ujar Sumantri saat ditemui di ruangannya, di Dispendik Kabupaten Pasuruan.

Sumantri menegaskan, tidak semua guru akan berhasil menyelesaikan babak PLPG. Menurutnya, berhasil tidaknya ujian, tergantung dari kemampuan guru tersebut.

"Kita ada ujian peer teaching, di mana guru harus pintar mengajar di depan sesama guru. Mengingat guru sekarang mendapat tunjangan dua kali lipat dari gaji per bulannya, maka secara otomatis juga harus diimbangi dengan peningkatan kualitas mengajar," katanya.

Oleh karenanya, Sumantri berharap, selurug guru yang sudah sertifikasi tahun ini, untuk meningkatkan mutu pengajaran kepada siswa di sekolah masing-masing.

"Guru sekarang enak, ada tunjangan. Beda pada jaman saya dulu, harus bekerja keras. Makanya guru sekarang harus kreatif dan benar-benar cerdas," pungkasnya. (EMIL) (suarapasuruan.com)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...