Dinas Pendidikan Kab. Pasuruan Terus Pacu Kompetensi Siswa Didik

Kamis, 16 Februari 2012 10:33:34 - oleh : admin

Dinas Pendidikan Kab. Pasuruan Terus Pacu Kompetensi Siswa Didik

PASURUAN - Mewujudkan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tangguh dan siap kerja, Dinas Pendidikan kabupaten Pasuruan terus berupaya memenuhi standart kualitas pendidikan. Baik secara kuantitas maupun kualitas. Kata EDI SASMITO Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Pasuruan, supaya pemenuhannya berjalan efektif, kedua aspek itu harus selalu ditingkatkan.

Secara kualitas, pemenuhan standart pendidikan bisa dilakukan dengan meningkatkan kompetensi. Baik kualitas siswa maupun para pengajar, semuanya harus bersinergi. Dari segi kuantitas, Dinas Pendidikan kabupaten Pasuruan melengkapi sarana prasarana belajar.

Kepada Suara Pasuruan, EDI mengatakan, peningkatan kompetensi yang wajib dilakukan para pengajar di SMK, menyisipkan muatan tiga materi pelajaran kepada siswa didik. Ketiganya harus punya korelasi kuat dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Yaitu kerjasama antara pihak sekolah dengan stake holder/ perusahaan dalam hal pemberdayaan keterampilan dan kompetensi siswa dalam hal penyelenggaraan Pendidikan System Ganda (PSG). Atau penempatan magang lulusan dan pemanfaatan hasil unit produksi SMK. Nantinya, Dinas Pendidikan kabupaten Pasuruan akan melakukan evaluasi pelaksanaan program DUDI. Sehingga bisa diketahui, berapa persen lulusan SMK yang berhasil terserap ke dunia usaha.

Upaya lain yang juga dilakukan Dinas Pendidikan kabupaten Pasuruan dalam menyiapkan lulusan SMK berkualitas, dengan menambah jurusan, disesuaikan dengan trend dunia usaha dan industri yang sekarang ini paling banyak diminati. Seperti, membuka jurusan Tata Busana, Multimedia dan Broadcast. Setiap SMK mempunyai hak dan kewenangan yang sama dalam menentukan jurusan yang akan dibuka. Kata EDI SASMITO Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Pasuruan, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Karena itu, penambahan bahasa asing mutlak dilakukan. Seperti muatan lokal untuk materi pelajaran bahasa Korea, Jepang dan Mandarin.

Dengan pemberian bekal bahasa asing itu, diharapkan bisa mencetak para lulusan SMK yang mampu bersaing dengan kompetitor lainnya ketika mereka melamar kerja. (EKA) (suarapasuruan.com)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...