Selain SD, SMP di Kab. Pasuruan Juga Terima Dak Rehabilitasi Ruang Kelas

Rabu, 1 Februari 2012 17:00:50 - oleh : admin

Selain SD, SMP di Kab. Pasuruan Juga Terima Dak Rehabilitasi Ruang Kelas

PASURUAN - Selain perbaikan ruang belajar untuk Sekolah Dasar, tahun ini sebanyak 45 lembaga SMP, baik negeri maupun swasta di Kabupaten Pasuruan juga akan menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2012, dengan total bantuan sebesar Rp 3,5 Milliar.

Dana sebesar itu dialokasikan dalam 50 paket, di mana untuk setiap paket akan menerima bantuan masing-masing Rp 70 juta.

Hasbullah S.Pd, Kabid Sekolah Lanjutan Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan mengatakan, keempat puluh lima SMP tersebut terbagi atas 19 SMPN Negeri dan 26 SMP Swasta, dan semuanya tersebar merata di 24 kecamatan. Menurutnya, perbaikan atau rehabilitasi ruang kelas tahun ini diperuntukkan untuk sekolah-sekolah yang tingkat kerusakannya mulai sedang sampai berat.

"Kalau rusak sedang itu seperti mengganti keramik, plafon yang jebol, tapi kalau tembok yang retak bahkan sampai roboh, itu baru masuk kategori rusak berat," ujar Hasbullah sambil menunjukkan data sekolah-sekolah yang menerima bantuan tahun ini.

Lebih lanjut, lelaki yang mengawali karirnya sebagai Guru Bahasa Indonesia itu menambahkan, sekolah-sekolah yang mendapat bantuan DAK tahun ini merupakan sekolah-sekolah yang sudah mengajukan proposal maupun usulan perbaikan ruang kelas, sehingga selama 15 hari, akhirnya Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan telah mendata jumlah sekolah yang mendapat alokasi bantuan.

"Yang pasti, sekolah yang tahun lalu diberikan bantuan, secara otomatis tahun ini tidak akan menerima, mengingat pembagian dana alokasi khusus harus berimbang dan merata," katanya.

Selain rehabilitasi ruang kelas, Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan juga mendapat bantuan berupa alat-alat permeubelan, seperti kursi, meja, papan tulis, papan nama, almari dll sebesar 50 paket. Untuk setiap paket masing-masing bernilai Rp 20 Juta, serta dialokasikan untuk 45 SMP negeri swasta seperti di atas. (EMIL) (suarapasuruan.com)

 

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...