Manusia Pelihara Anjing Sejak 30 Ribu Tahun Lalu

Kamis, 26 Januari 2012 09:17:35 - oleh : arisfvns

Manusia Pelihara Anjing Sejak 30 Ribu Tahun Lalu

CALIFORNIA - Anjing merupakan teman baik manusia, setidaknya selama 30 ribu tahun. Hal ini ditunjukkan oleh sebuah studi terbaru.

Sepasang tengkorak anjing ditemukan di dalam penggalian di Siberia dan Belgia, masing-masing berusia 33 ribu tahun. Maka dengan penelitian ini, menunjukkan bahwa anjing telah dipelihara jauh sebelum hewan lain, seperti domba, sapi atau kambing.

Dilansir Telegraph, Kamis (26/1/2012), tengkorak yang ditemukan itu, memiliki moncong pendek dan rahang yang lebih lebar dari hewan liar seperti serigala. Ini menunjukkan, anjing digunakan untuk berteman dan perlindungan.

Para ilmuwan menggunakan perhitungan penanggalan karbon, untuk menentukan usia tengkorak, kemudian memeriksa struktur tulang yang dimiliki. "Baik yang ditemukan di Belgia dan Siberia merupakan spesies peliharaan, berdasarkan karakteristik morfologi," ujar Greg Hodgins, peneliti di University of Arizona Accelerator Mass Spectrometry Lab.

"Pada dasarnya, serigala memiliki moncong panjang yang tipis dan gigi yang tidak banyak, sedangkan untuk hasil pada peliharaan memiliki moncong pendek, rahang yang lebar dan gigi yang banyak," tambah Hodgins.

Hal yang menarik, menurut Hodgins, yakni biasanya orang berpikir tentang peliharaan seperti sapi, domba dan kambing dengan menghasilkan makanan melalui daging.

"Tapi kemungkinan hubungan yang dimiliki manusia dengan anjing berbeda. Anjing tidak harus menyediakan produk seperti daging tapi mereka mungkin memberikan perlindungan, pertemanan dan kemungkinan membantu berburu," pungkasnya. (tyo) (http://techno.okezone.com/)

 

| More

Berita "Teknologi" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...