Pantau Pekerja, Apple Gabung dengan Asosiasi Buruh

Selasa, 17 Januari 2012 08:15:25 - oleh : arisfvns

Pantau Pekerja, Apple Gabung dengan Asosiasi Buruh

CALIFORNIA - Apple akan memungkinkan pengamat independen, untuk memonitor kondisi kerja di pabrik pemasoknya di seluruh dunia. Perusahaan ini telah bergabung dengan Fair Labour Association, dna menjadi perusahaan teknologi pertama yang bergabung.

Dilansir Telegraph, Senin (16/1/2012), Fair Labour Association, yang didirikan pada 1999 ini memang bertugas untuk memonitor kondisi tempat kerja global. Pekan lalu, Apple juga telah merilis laporan pertanggungjawaban tahunan pemasok yang keenam, dengan rincian hasil audit pada pabrik di seluruh rantai pasokannya.

Hal ini merupakan kemajuan bagi Apple, seperti diketahui perusahaan tersebut biasanya tertutup tentang perusahaan-perusahaan yang membangun produk-produknya. Namun dikatakan Tim Cook, Chief Executive Apple pada Wall Street Journal bahwa perusahaannya ingin menjadi lebih transparan tentang standar dalam rantai pasokan.

Laporan ini juga memonitor dampak sistem manajemen lingkungan, etika dan bagian lain dari bisnis pemasok. Sehingga jika sebuah perusahaan berulangkali melanggar pedoman Apple, maka hubungan dengan pemasok bisa berakhir.

Sementara itu, Auret van Heerden, Presiden Fair Labour Association mengatakan standar yang ditetapkan pemasok bisa melakukan lebih daripada yang pemerintah lakukan. "Jika Anda seorang gadis berusia 16 tahun di negara berkembang, maka kesempatan terbaik untuk menikmati hak-hak yang tepat adalah jika bekerja di sebuah perusahaan multinasional. Kekuatan kontrak lebih kuat daripada hukum," pungkasnya. (tyo)

(http://techno.okezone.com/)

| More

Berita "Teknologi" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...