Manusia Sudah Memancing Sejak 42.000 Tahun Lalu

Selasa, 17 Januari 2012 08:14:19 - oleh : arisfvns

Manusia Sudah Memancing Sejak 42.000 Tahun Lalu

CANBERRA - Artifak 39 ribu tulang ikan dan tiga batang pancing dalam gua batu kapur di Jerimalai, Timor Timur, menunjukkan bahwa manusia telah sangup memancing sejak 42 ribu tahun yang lalu.

Menurut Sue O'Connor dari Department of Archaeology and Natural History di Australian National University, artifak-artifak tersebut ditemukan pada ketinggian 50 meter di atas permukaan laut.

"Sebelumnya tidak ada petunjuk tentang teknologi kelautan seperti apa yang dimiliki manusia pada 40 ribu tahun lalu. Penelitian ini menunjukkan bahwa manusia memiliki kemampuan untuk membuat kail dan memasang benang pada kail tersebut. Jika dapat membuat benang dari serat, orang bisa membuat jaring, dan mungkin menggunakan serat itu di kapal," terang O'Connor.

"Ini memberi kita banyak informasi tentang cara hidup di pulau yang sangat kecil tersebut, dalam perjalanan mereka ke Australia," tambahnya.

Dilansir Reuters, Senin (16/1/2012), O'Connor dan rekan-rekannya mempublikasikan penemuannya dalam jurnal Science. Mereka menemukan tulang-belulang dan kail di sebuah lubang penguji seluas satu meter persegi, dan berjarak 300 meter dari bibir pantai.

"Seluruh tulang yang ada di sana adalah sisa-sisa makan manusia 40.000 tahun yang lalu. Mereka hidup di lubang perlindungan tersebut, dan beruntungnya kami menemukan seluruh benda di gua kapur tersimpan dengan baik, " tambah O'Connor

Kail yang ditemukan di gua itu, nampak terbuat dari cangkang Trochus, sejenis siput laut berukuran besar. Sedangkan pelacakan terhadap tulang ikan mengungkap setidaknya terdapat 23 spesies ikan. Jumlah tersebut termasuk dengan tuna, unicorn fish, parrot fish, trevallies, trigger fish, kakap, kaisar dan kerapu. (tyo) (http://techno.okezone.com/)

 

| More

Berita "Teknologi" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...