Lima Pelajar Pasuruan Wakili Jatim

Selasa, 19 Mei 2009 13:24:18 - oleh : admin

Lima Pelajar Pasuruan Wakili Jatim

Kabupaten Pasuruan boleh berbangga hati. Lima pelajar terbaiknya mendapat tugas khusus sebagai delegasi untuk Skill Competition tingkat nasional di Jakarta. Mereka akan berkompetisi mulai 21 hingga 24 Mei untuk memperebutkan tiket World Skill Competition di Canada, 2010 mendatang.

Kepastian keberangkatan lima delegasi Jatim dari Kabupaten Pasuruan itu disampaikan Kepala SMKN 1 Purwosari Dadik Hariyanto. "Hari ini, kelima siswa yang akan berangkat mau pamit, sekaligus mohon doa restu," katanya.

Lima pelajar itu berasal dari tiga sekolah. Yakni Eko Budi Santoso dari SMKN 1 Purwosari, Zainal Arifin, dan Ali Uroidi dari SMKN 1 Bangil, serta Jaikian, dan Heri Syaifudin asal SMKN 1 Grati.

Sebelum terpilih sebagai delegasi untuk skill competition tingkat nasional, kelima siswa itu sudah tercatat sebagai juara satu lomba kompetensi siswa Jatim di Kediri, di lima bidang lomba yang berbeda. Sebut saja untuk Eko Budi Santoso yang berjaya di item lomba auto body repair.

Sementara dua siswa lainnya dari SMKN I Bangil menjadi yang terbaik di bidang industrial control, dan IT networking support. "Dua pelajar di sekolah kami, Alhamdulillah menjadi yang terbaik untuk bidang pattern making, dan moulding making," terang Mustofa Rodi, guru pembimbing dari SMKN I Grati.

Kemenangan di tingkat Jatim itu diraih kelima siswa itu pada kisaran bulan Maret lalu. Selama hampir dua bulan terakhir ini mereka di-driil khusus oleh para guru pembimbing masing-masing.

"Kami melakukan latihan ketrampilan secara intensif tidak hanya di sekolah, tapi juga langsung praktek di beberapa area industri. Tentunya yang pas untuk menguji tingkat kemampuan masing-masing siswa," tukas Arief, guru pendamping dari SMKN I Bangil.

Keberangkatan lima delegasi Jatim ke ajang Skill Competition tingkat nasional di Jakarta itu dilepas oleh Kasubdin Sekolah Lanjutan Iswahyudi. "Mereka adalah siswa terbaik kita yang diharapkan bisa mengharumkan Jatim di ajang kompetisi tingkat nasional," ungkap Iswahyudi.

Dia tampak sangat berharap, kelima siswa itu bisa membawa pulang gelar terbaik di tingkat nasional. Sebab, prestasi itu akan membawa mereka dalam ajang world skill competition di Canada yang akan berlangsung pada tahun 2010 mendatang.

Ketika ditanya tentang kesiapannya, mayoritas siswa yang datang ke kantor dinas pendidikan (dispendik) Kabupaten Pasuruan di Jl. Dr. Wahidin Selatan tersebut mengaku sudah berusaha keras memantapkan kemampuan skill mereka.

"Kami banyak ditempa beragam ketrampilan sesuai dengan bidang lomba masing-masing. Mulai dari tingkat terberat, sampai yang teringan. Sebab, materi lomba yang diujikan tidak bisa diduga sebelumnya," ujar Eko Budi Santoso, dari SMKN 1 Purwosari. (jawapos)

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...