Terapkan Kawasan Green School

Selasa, 5 Mei 2009 10:45:05 - oleh : admin

Terapkan Kawasan Green School

Membangun kesadaran lingkungan memang perlu terus dilakukan. Termasuk, pada kalangan remaja. Ini pula yang dilakukan SMA Purwosari dengan mencanangkan sekolahnya sebagai kawasan green school.

Kepala SMA Purwosari, Nur Hasan menyatakan, pencanangan itu sebenarnya sudah berlangsung sejak 2004. "Kami ingin mewujudkan sekolah yang nyaman dan asri," terangnya.

Dirinya menjelaskan, ide green school itu sebenarnya bermula dari rasa keprihatinannya selama ini. "Sulit mencari sekolah yang rindang dengan banyak tanaman pelindung di dalamnya," ujarnya kemarin (4/5). Yang banyak, lanjut dia, sekolah yang memenuhi halamannya dengan paving.

Kondisi itu, kata dia, jelas kurang baik. Terutama, untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi kegiatan belajar-mengajar. Untuk itu, sejak 2004 ia dan beberapa guru sepakat menjadikan sekolahnya sebagai kawasan green school.

Lebih dari itu, pencanangan tersebut juga sebagai salah satu upaya untuk mengurangi perubahan cuaca ekstrim sebagai akibat pemanasan global. Dirinya menjelaskan, fenomena tersebut tak lepas dari kian menipisnya kawasan hijau sebagai paru-paru dunia.

Nah, sebagai wujud nyata pencanangan itu, pihaknya mewajibkan para peserta didik aktif menanam pohon. Kegiatan itu biasanya dilakukan secara berkala. Di antaranya, saat musim hujan hingga penerimaan siswa baru. "Biasanya, kami bentuk kelompok-kelompok untuk membawa bibit tanaman yang kami butuhkan," jelasnya.

Dari pengamatan Radar Bromo, sekolah yang berada di Jl Pegadaian, Purwosari ini memang cukup asri. Deretan tanaman hijau terlihat di sejumlah sudut sekolah. Mulai rerumputan, tanaman produktif, hingga tanaman pelindung.

Kendati demikian, Nur sendiri mengaku pencanangan green school itu dirasa belum cukup. "Sementara ini, kami siap untuk melengkapinya dengan clean school. Jadi, selain hijau juga bersih," imbuhnya.

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...