Knalpot Berapi, Motor Gosong

Selasa, 27 Januari 2009 21:45:41 - oleh : admin

 Knalpot Berapi, Motor Gosong

fireSebuah kebakaran kemarin terjadi di Jl Raya Melian Permai, Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol. Akibat kejadian tersebut, sebuah sepeda motor Yamaha RX keluaran 1995 gosong. Selain itu, api sempat menyambar stan penjual buah, rombong es Oyen Bandung, dan plafon rumah kontrakan milik warga setempat.  Peristiwa itu berawal saat sepeda motor Yamaha RX yang dikendarai David Widi, warga Desa Keramaian, Kecamatan Candi, Sidoarjo, ini mengeluarkan api dari knalpotnya. Percikan api itu menjadi malapetaka, karena di atas sepeda motornya ada delapan jeriken minyak tanah yang dia kulak dari Mojokerto.

Saat itu, dia sempat diingatkan oleh sopir bus yang menyalipnya di daerah Carat, Gempol. "Hei, Mas, knalpotmu metu genine (knalpotmu keluar apinya, Red)," teriak sopir bus Kuning jurusan Pasuruan-Mojokerto saat itu.

Namun, saat itu, David hanya memelankan laju sepeda motor bernopol W 5555 VO itu. Tapi, tindakan itu tidak banyak membantunya. Percikan api masih keluar dari knalpotnya. Akibatnya, saat melintas di Jl Raya Melian Permai, atau di depan gang masuk rumah penyanyi Inul Daratista, percikan api itu menyambar mitan yang ada di atas motor.

Melihat kobaran api di motornya, David berusaha menggunakan jaketnya untuk memadamkan. Tapi, tindakannya itu malah membuat mitan di jerikennya tumpah di jalanan. Nyala api pun semakin membesar dan merembet kemana-mana.

Api lantas menyambar bedak penjual buah yang persis di sampingnya. Bedak itu milik Samsul, warga Dusun Bangkok, Desa Karangrejo. Bahkan, api juga menyambar rombong Es Oyen Bandung milik Sudarso, Kejapanan yang berada di sebelah timur bedak buah ini. Terakhir, api juga melalap dua pintu triplek dan plafon rumah kontrakan milik Aji Kisworo, warga setempat.

"Tadi itu, pengendara motor ingin memadamkan api dengan jaketnya. Tapi, sepeda itu malah roboh dan minyaknya tumpah. Akibatnya, api menyambar ini semua," ujar Iskandar, warga yang saat itu berada di sebelah rombong Es Oyen Bandung itu.

Saat itu, para penjual buah Es Oyen langsung berlarian melihat api merembet kemana-mana. Beberapa warga juga membantu memadamkan nyala api dengan menyiramkan air menggunakan ember, timba dan selang. Bantuan juga datang dari semprotan air milik PT Jamico yang tidak jauh dari TKP.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Hanya kerugian material yang bisa dimusyawarahkan di antara tiga korban dan David. Petugas kepolisian sektor Gempol sendiri berusaha memberikan pemaparan agar bisa dicari solusi. Semua korban dan David kemudian dikumpulkan petugas Polsek untuk negosiasi sendiri.

"Kami tidak intervensi dalam masalah perundingan korban dengan David. Dan tadi, masalahnya sudah clear. Hitung-hitungan kerugian dan kesiapan David untuk membayar ganti rugi juga sudah mereka bicarakan bersama," cetus petugas di Polsek Gempol.

| More

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...