Sudah Buat Maket Pasar Wisata

Senin, 30 Maret 2009 08:23:09 - oleh : admin

Sudah Buat Maket Pasar Wisata

Perlahan tapi pasti, rencana pembangunan pasar wisata di kawasan Desa Gambiran, Kecamatan Prigen, mulai direalisasikan. Saat ini, lahan yang sebelumnya banyak dipenuhi tanaman hias itu mulai dibersihkan. Siap jadi lahan pasar wisata.

Camat Prigen Suhartono yang ditemui beberapa waktu lalu menyatakan, saat ini, sejumlah investor telah menyatakan ketertarikannya mendanai proyek tersebut. "Kalau yang tertarik sih sudah ada 2-3 investor," katanya. Sayang, Suhartono masih enggan menyebut investor yang dimaksud.

Dirinya baru akan menyampaikan jika pihaknya sudah mendapat kepastian soal investor tersebut. "Nanti pasti akan kami sampaikan," jelasnya. Yang pasti, untuk merealisasikan proyek tersebut, pihaknya masih menunggu kepastikan dari para investor.

Seperti diberitakan, rencana pembangunan pasar wisata di kawasan Desa Gambiran merupakan kelanjutan grand planning Pemkab Pasuruan menata kawasan Prigen. Rencana itu sejalan gagasan Pemkab menjadikan wilayah yang berada di lereng pegunungan Welirang itu sebagai kawasan obyek wisata keluarga.

Nah, untuk mendukung gagasan itu, berbagai upaya terus dilakukan. Selain melakukan penataan atas keberadaan PKL (Pedagang Kaki Lima) yang ada di wilayah Prigen, sejumlah terobosan juga gencar dilakukan. Diantaranya, menambah sejumlah fasilitas umum menunjang misi tersebut.

Sementara itu, penjelasan serupa juga disampaikan Sekcam Prigen, Sugihandowo. Kepada koran ini, pria yang pernah menjabat sebagai Lurah Pecalukan itu menyatakan, upaya penataan itu sekaligus untuk mengubah imej Tretes, Prigen.

"Minimal, ada upaya dari kami mengubah wajah Tretes," kata lelaki berpostur tinggi itu. Yang pasti, kata dia, rencana pembangunan pasar wisata itu juga bakal jadi ikon kawasan Prigen sebagai obyek wisata. Apalagi, lokasinya direcanakan tepat berada di tapal batas antara Kecamatan Pandaan-Prigen.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya juga telah menyiapkan maket yang akan dipakai sebagai rujukan pembangunan pasar tersebut. Menempati lahan seluas satu hektare lebih, komplek pasar itu akan dilengkapi bangunan sentra yang terdiri dari 50 kios.

Kios-kios tersebut, kata dia, akan diperuntukkan bagi para pedagang di sekitar Prigen. "Yang pasti, barang-barang yang dijual juga harus unggulan khas Prigen," terangnya.

Selain itu, pasar itu bakal dilengkapi sejumlah fasilitas umum. Seperti musala, toilet umum serta lahan parkir. "Tapi itu masih bersifat sementara. Masih perlu kami sempurnakan lagi," jelasnya.

| More

Berita "Bisnis dan Ekonomi" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...