Buka MA Plus Teknologi Informasi

Sabtu, 21 Maret 2009 07:56:10 - oleh : admin

Buka MA Plus Teknologi Informasi

Teknologi informasi (TI) sepertinya sudah benar-benar menjadi kebutuhan masyarakat. Tak heran, sejumlah lembaga pendidikan berlomba-lomba menerapkan teknologi ini. Terutama di kegiatan belajar di masing-masing sekolah.

Setelah SMA Maarif, Pandaan, langkah serupa juga dilakukan MA Plus Maarif Darul Ulum, Desa Candiwates, Kecamatan Prigen. Saat ini, lembaga yang baru didirikan setahun lalu itu mulai menerapkan teknologi serupa. Bahkan, jam pembelajaran kurikulum ini juga ditambah.

Kepala sekolah (Kasek) MAPlus Maarif Daru Ulum, Sullam Taufiq, menyatakan, penambahan kurikulum itu merupakan upaya menuju MA Kejuruan. Khususnya, untuk program teknik informatika dan jaringan. Bahkan pada tahun pertama ini saja, lembaga yang dipimpinnya itu telah menampung 16 siswa.

Dirinya menjelaskan, selama ini, sekolah kejuruan hanya dimiliki sekolah-sekolah SMA. Khusus untuk MA (sekolah SMA dengan ciri khusus), belum banyak ditemui. "Makanya, ini satu-satunya yang ada di Pasuruan. Sekolah Aliyah (Madrasah Aliyah, Red) dengan jurusan khusus," terangnya, saat ditemui di kantornya kemarin (20/3).

Taufiq menjelaskan, dewasa ini tanggung jawab dunia pendidikan semakin berat. Lembaga pendidikan, kata dia, dituntut menyiapkan peserta didiknya untuk mampu mengikuti perkembangan zaman. Serta teknologi dan juga informasinya.

Termasuk, lembaga pendidikan madrasah. Menurutnya, selain membekali siswanya dengan kerangka ilmu keagamaan yang cukup, lembaga madrasah juga diharapkan mampu menjawab tantangan zaman. "Makanya, semua upaya akan kami lakukan untuk mewujudkan hal itu," terangnya.

Di sisi lain, tugas itu semakin berat dengan minimnya sarana dan prasarana yang memadai. Kendati demikian, Taufiq mengaku tidak ingin terbebani semua keterbatasan yang dimiliki. "Selama kita mau, pasti kita bisa," jelas kandidat doktor Universitas Negeri Surakarta (UNS) ini.

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...