Jelang Unas, Depdiknas Sidak RSBI

Kamis, 19 Februari 2009 01:13:42 - oleh : admin

Jelang Unas, Depdiknas Sidak RSBI

ilustrasiMenjelang ujian nasional (unas), Direktorat Pembinaan SMP, Depdiknas melakukan sidak ke sejumlah sekolah RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional), kemarin (17/2). Salah satunya, ke SMPN I Pandaan yang berstatus RSBI.  Kepala Sub Bidang Pembelajaran Direktorat Pembinaan SMP, Depdiknas Ruwiyantoro menyatakan, sidak dilakukan untuk mengetahui pencapaian hasil belajar semester ganjil. Terutama, pada mata pelajaran Matematika dan IPA. Khususnya, bagi siswa kelas VII dan VIII RSBI. "Ini kami lakukan di semua sekolah yang memiliki status RSBI," terangnya di sela-sela sidak.

Tujuannya tidak lain untuk melakukan pemetaan atas kemampuan siswa. Terutama, menjelang dilaksanakannya unas. "Kami ingin tahu bagaimana pencapaian hasil pembelajaran yang selama ini sudah berlangsung," jelasnya.

Sidak sendiri dijadwalkan berlangsung selama dua hari, yaitu kemarin dan hari ini. Pada hari pertama, dilakukan evaluasi terhadap pencapaian hasil belajar mata pelajaran Matematika. Hari ini, agenda dilanjutkan untuk mata pelajaran IPA.

Selain itu, sidak dilakukan untuk mendeteksi masalah dan kendala atau hambatan yang mungkin ditemukan. Terutama, kaitannya dengan proses pembelajaran kedua mata pelajaran tersebut.

Lalu yang terakhir, sidak juga bertujuan untuk mengetahui hasil dan dampak program yang telah dibuat oleh Direktorat Pembinaan.

Menurut Ruwiyanto, semua fakta yang ditemukan selama sidak akan dikumpulkan dan dianalisa. Hasil analisa itu, lanjut dia, akan digunakan sebagai bahan masukan dan rekomendasi. Khususnya, untuk proses pembinaan dan pelaksanaan program-program berikutnya.

Sementara Kepala SMPN 1 Pandaan Hisyam menyatakan, tidak ada persiapan khusus menjelang evaluasi kemarin. Pasalnya, kegiatan itu merupakan agenda rutin. "Biasanya, pagi materi. Sore, kami lakukan pendalaman," jelasnya saat didampingi Wakasek Bidang Kurikulum, Ustadi.(jawapos)

| More

Berita "Pendidikan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...