109 Peserta Tes CPNS Depag Kab. Pasuruan Tak Hadir

Senin, 16 November 2009 11:40:35 - oleh : admin

109 Peserta Tes CPNS Depag Kab. Pasuruan Tak Hadir

Tes CPNS Depag digelar serentak kemarin (15/11). Di Kabupaten Pasuruan, tes untuk memperebutkan lima formasi yang tersedia, diselenggarakan di MTsN Bangil. Sayangnya, dari 960 peserta yang lolos tes adminitrasi, ternyata tidak seluruhnya hadir.

Peserta yang hadir hanya 851 orang. Sehingga, sebanyak 109 peserta absen atau tidak mengikuti ujian. "Data siapa-siapa saja yang tidak ikut tes, masih direkap panitia. Cuma, soal jumlah yang tidak ikut tes memang segitu," ujar Achmad Rofi`i, ketua panitia tes seleksi CPNS Depag Kabupaten Pasuruan, kemarin.

Panitia sendiri belum tahu tentang alasan peserta tidak mengikuti tes. Meski, mereka lolos dalam seleksi adminitratif. Sebelumnya, panitia Depag setempat menerima 1.360 pendaftar berbagai jurusan. Setelah dilakukan seleksi administratif pada 21-23 Oktober, hanya 960 peserta yang memenuhi syarat.

Tapi, setelah panitia menyediakan tempat peserta yang lolos adminitrasi, ternyata masih ada ratusan peserta yang tidak mengikuti ujian. Salah satu argumentasi yang diungkap panitia, adalah soal formasi. Tahun ini, Depag Kabupaten hanya mendapatkan lima formasi (tenaga).

Yakni, penyelenggara informasi dan publikasi Agama Budha. Kemudian, Guru PAI, guru MTK, guru IPA dan IPS. Masing-masing formasi hanya membutuhkan satu tenaga CPNS. "Mungkin karena formasinya yang kecil, sementara rasio persaingannya banyak," terang salah satu panitia.

Sejak pagi, ratusan peserta CPNS Depag sudah mendatangi MTsN Bangil. Sekitar pukul 08.00 WIB, mereka kemudian mengerjakan soal. Soal dalam bentuk paket. Tidak dipisah dalam ranah tes pengetahuan dasar, skolastik atau yang lain.

Soal dari Depag RI langsung diakumulasi dalam 200 soal gabungan. Peserta tes diberi kesempatan mengerjakan selama 180 menit atau tiga jam nonstop. "Petunjuknya seperti itu," terang Lubis Nabhani, panitia lainnya.

Karena nonstop dan tanpa ada jeda istirahat, memungkinkan banyak peserta yang kerap memegang kepala. Ada yang garuk-garuk kepala, memegang kepalanya dengan tangan kiri. Bahkan tidak sedikit yang kipas-kipas, karena suasana ruangan cukup panas.

"Waduh, panas sekali," terang salah satu peserta sambil menyeka keringatnya.

Di sela-sela pengerjaan, panitia mengumumkan sisa waktu melalui pengeras suara. Ini untuk mengingatkan peserta agar bisa memanfaatkan waktunya dengan tepat.

Tes CPNS Depag ini kemarin mendapat atensi Depag pusat. Tim inspeksi dari Irjen Depag pusat mengawasi jalannya tes di MTsN Bangil. Mereka adalah Abdul Karim (ketua tim) didampingi Hanafi dan Dadang.

"Kami ingin melihat langsung jalannya tes," terang Hanafi yang juga orang Bangil. Yang menarik, para peserta tes CPNS Depag tahun ini diwajibkan mengisi blanko surat pernyataan. Blanko Pakta Integritas itu berisi identitas peserta, nomor peserta dan ketentuan yang dibubuhi materai Rp 6.000.

Pakta Integritas itu berbunyi, peserta tes Depag siap ditempatkan di lingkungan Depag. Selain itu, harus memilih Depag sebagai instansi yang sudah jadi pilihan yang bersangkutan, jika mereka diterima. Jika pernyataan ini diingkari, yang bersangkutan siap menanggung risikonya.

"Kami belajar dari pengalaman. Jadi tahun ini tidak boleh ada lagi, peserta lolos, ternyata memilih instansi lain, ketika sama-sama lolos. Dia harus menomorsatukan Depag dibanding yang lain. Ini loyalitas," tegas Rofi`I yang kemarin mendampingi Kandepag Saiful Efendi. Hasil tes CPNS Depag, tambahnya, akan diumumkan 28 November mendatang. (jawapos.com)

| More

Berita "Seputar Bangil" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...