Permintaan Sayur Organik Melonjak

Minggu, 17 Oktober 2010 21:39:57 - oleh : admin

Permintaan Sayur Organik Melonjak

Petani sayuran organik di Pasuruan kewalahan memenuhi kebutuhan pasar supermarket di Kota Surabaya dan Malang. Pemesanan sayuran organik terus meningkat sejak setahun ini, bahkan petani tak mampu memenuhi pesanan tersebut. Rata-rata setiap bulan para petani memasok sekitar empat ton sayuran.

"Padahal harga sayur organik lebih mahal," kata Manager Program Yayasan Kaliandra Sejati, Dwi Prayitno, Minggu (17/10).

Lembaga lingkungan dan budaya Yayasan Kaliandra ini menampung sayuran organik dari 73 petani yang tersebar di sembilan desa di pinggir hutan lereng Arjuna dan Welirang, Jawa Timur. Para petani memproduksi 30 lebih jenis sayuran yang telah mendapat sertifikat dari lembaga sertifikasi produk pertanian.

Harga jual sayur organik lebih mahal ketimbang sayur dengan system tanam biasa. Harga  sayur sawi misalnya,  di tingkat petani mencapai 10 ribu per kilogram, dan di pasar  swalayan mencapai p 22.500 per kilogram..

Menurut Dwi, proses penjualan ke pasar swalayan dilakukan dengan sistem kontrak selama enam bulan. Sehingga harga sayur organik relatif stabil dan tak dipengaruhi harga pasar maupun musim. Menurut Dwi, selain bisa mendongkrak pendapatan petani, pertanian organik juga bisa menyelamatkan lingkungan hutan di kawasan Tahura R Soerjo, Kabupaten Pasuruan..

Sebab, petani yang memasok sayur organik merupakan petani penggarap kawasan hutan di lereng Arjuna dan Welirang. Keterlibatan petani di sekitar hutan, diharapkan bisa menghambat laju kerusakan hutan karena kegiatan pertanian hanya memanfaatkan lahan pekarangan sekitar 400-900 meter persegi.

 

Hidayat, seorang petani sayur dari Desa Dayurejo mengatakan, bertani organic lebih menguntungkan. Sebelum bertani organik, Hidayat bekerja menggarap lahan Perum Perhutani dengan pendapatan setiap tahunnya sekitar Rp 3-4 juta. “Dengan bertani organik, pendapatan saya setiap bulan mencapai Rp 2 juta,” katanya.EKO WIDIANTO(tempointeraktif.com)

| More

Berita "Seputar Pasuruan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...