Kaliandra Lombakan Logo MATA

Jum`at, 23 Januari 2009 07:50:38 - oleh : admin

Kaliandra Lombakan Logo MATA

wanted_miniYayasan Kaliandara berencana membentuk lembaga khusus untuk mempertegas rencana mereka mengelola kasawan Gunung Arjuna sebagai daerah wisata alam (Mount Arjuna Tourism Area). Lembaga itu dinamai MATA atau kependekan dari Mount Arjuna Tourism Area. Kini, Kaliandra bersiap menggelar lomba membuat logo MATA.
Divisi Ekowisata Yayasan Kaliandra Agus Sugiarto mengatakan, lomba itu bersifat umum atau bisa diikuti siapa saja. Logo MATA nantinya harus memberi gambaran tentang beberapa keunggulan yang ada di kawasan Arjuna. "Tanggal 29 nanti pendaftarannya kita buka," katanya.

Keberadaan simbol itu menurut Sugik (panggilannya) memiliki makna penting. Terutama, untuk pengembangan kawasan Arjuna. Karena itu, Yayasan Kaliandra mengundang semua pihak untuk berpartisipasi dalam lomba tersebut.

Dia lantas menjelaskan, gagasan menggelar lomba logo MATA sebenarnya tidak lepas dari minimnya kepedulian para pihak untuk mengembangkan kawasan Arjuna. Menurutnya, selama ini masyarakat lebih banyak memberikan perhatian kepada gunung Bromo sebagai salah satu tujuan wisata pegunungan di Pasuruan.

Padahal, kawasan Pegunungan Arjuna memiliki panorama yang tak kalah menarik dibandingkan Gunung Bromo. Karena itu, masyarakat di wilayah sekitar dapat berpartisipasi dalam sayembara tersebut. "Di sisi lain, ini juga untuk mendorong kreativitas masyarakat," katanya.

Pembentukan MATA sendiri menurutnya bertujuan untuk mempermudah program pengelolaan kawasan Gunung Arjuna sebagai daerah wisata alam. "MATA akan memudahkan masyarakat untuk mengenali keberadaan lembaga yang bersangkutan," katanya kepada Radar Bromo.

Lelaki asal Surabaya ini lantas menjelaskan, pengembangan kawasan Arjuna itu sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Namun, kampanye pelaksanaan program tersebut baru dilakukan secara terbuka akhir-akhir ini.

Sebagai tahap awal, dibentuk lembaga yang mengelola obyek wisata yang mengandalkan keelokan alamnya itu (destination management organization). Ada beberapa pihak yang rencananya dilibatkan dalam lembaga ini.

Selain Kaliandara, juga melibatkan Dinas Pariwisata, Perhutani, masyarakat sekitar Arjuna, dan beberapa pihak terkait. "Semakin banyak yang terlibat, akan semakin baik," terang bapak dua anak ini.(jawapos)

| More

Berita "Seputar Pandaan" Lainnya

Pasuruan Kota

Kamis, 21 November 2013 11:09:58

UMK 2014 Ditetapkan, Buruh Tak Puas & Ancam Demo Lagi

Pasuruan - Gubernur Jawa Timur Soekarwo akhirnya menetapkan upah mini...

Rabu, 12 Juni 2013 17:47:13

Raih Adipura Keempat, Kota Pasuruan Pawai Keliling

Pasuruan - Raih piala Adipura empat kali berturut-turut, Pemkot Pasuru...

Rabu, 24 April 2013 07:39:17

Peringati Hari Kartini, Keliling Kota Pasuruan

PASURUAN - Peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap 21 april, dimakna...

Kamis, 4 April 2013 12:39:06

Polres Pasuruan Kota Bentuk Tim Patroli Sambang

Pasuruan - Polres Pasuruan Kota melaunching Tim Patroli Sambang, Rabu ...